BLOG DALAM PERBAIKAN
Posted by : Unknown Minggu, 09 Oktober 2016



Nama               : Gina Permatasari
Kelas               : 4PA06
NPM                : 13513737

1.    Pengertian Sistem Menurut Para Ahli
a.       Pengertian sistem menurut Jerry FutzGerald (dalam Hutahaean, 2014) adalah suatun jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
b.      Menurut Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo (dalam Hutahaean, 2014) sistem adalah  sekumpulan objek yang mencakup hubungan fungsional antara tiap-tiap objek dan hubungan antara ciri tiap objek, dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan secara fungsional.
c.       Sedangkan menurut Lani (dalam Hutahaean, 2014) sistem adalah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.
d.      Sistem menurut Jogianto (dalam Hutahaean, 2014) adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.
e.       Menurut Mulyadi (dalam Djahir, 2014) sistem adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan yang lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
f.       Pengertian sistem menurut Robert G. Murdick (dalam Djahir, 2014) adallah seperangkat elemen yang membentuk kegiatan suatu prosedur/bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan atau tujuan-tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan atau energi dan atau barang.
g.      Sistem adalah kumpulan/grup dari subsistem/bagian/komponen apapun baik fisik maupun nonfisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu (menurut Azhar Susanto, dalam Djahir, 2014).

2.    Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
a.       Pengertian Informasi Menurut Raymond Mc.leod   (2001) informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat  ini atau mendatang .
b.      Informasi Menurut Tata Sutabri (2005) adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
c.       Menurut Tata Sutabri informasi (dalam Hutahaean, 2014) adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
d.      Pengertian informasi menurut George H. Bodnar (2000) informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat.
e.       Informasi menurut Lani Sidharta (1995) informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat keputusan.
f.       Menurut Meliono (1990) informasi adalah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk menghasilkan sebuah keputusan.
g.      Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang (menurut Gordon B. Davis,1991).

3.    Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli
a.       Menurut Dakir (1993) psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
b.      Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001) adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya
c.       Psikologi menurut Wundt (dalam Muhibbinsyah, 2001) adalah ilmu tentang kesadaran manusia (the science of human consciousness). 
d.      Menurut Woodworth dan Marquis (dalam Muhibbinsyah, 2001), Pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas-aktivitas dari individu, baik aktivitas kognitif, motorik, maupun emosional.
e.       Branca (dalam Muhibbinsyah, 2001)  mengemukakan bahwa Psikologi merupakan ilmu tentang perilaku dan dalam hal ini menyangkut perilaku manusia.
f.       Menurut Drever (dalam Muhibbinsyah, 2001) psikologi yaitu bidang metode atau pendekatan tertentu dalam mempelajari kondisi kejiwaan seseorang dalam melakukan aktivitasnya.
4.    Pengertian Sistem Informasi Psikologi
Sistem informasi psikologi adalah sistem yang digunakan untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan psikologi dan memberikan manfaat bagi penggunanya.
Contoh penggunaan sistem informasi psikologi adalah alat tes kepribadian MBTI secara online.


DAFTAR PUSTAKA
Abdul, Kadir. 2002. Pengenalan sistem informasi. Yogyakarta: Andi.
Dakir. 1993. Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Djahir, Yulia. 2014. Bahan ajar sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

George ,H, B,. William ,S, H. 2000. Sistem informasi akuntansi, Jakarta: Salemba.

Gordon ,B, D,. 1991. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. Jakarta: PT Pustaka Binamas Pressindo.

Hutahaean, Jeperson. 2014. Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Mcleod, Raymond. 2001. Sistem informasi manajemen. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Muhibbinsyah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutabri, Tata. 2005. Sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Andi.

Sidharta, Lani. 1995. Pengantar Sistem Informasi Bisnis. Jakarta: PT. ELEX Media Komputindo.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Gina Permatasari - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -