BLOG DALAM PERBAIKAN
Posted by : Unknown Selasa, 05 Januari 2016



Kelompok 7 ( Anggur )
Anatasya Gabrilea ( 10513830 )
Gina Permatasari ( 13513737 )
Sinta Parwati ( 18513504 )
Yulsafa Tifanny ( 19513585 )
Muhamad Nurdin Junaedi (15513753 )
Aulia syarafina (17511941)

Mata Kuliah: Psikologi Manajemen
Kelas: 3PA06

Kelompok kami akan mengreview jurnal yang bertemakan “JOB ENRICHMENT” dan jurnal yang kami pilih adalah “PENGARUH JOB ENRICHMENT TERHADAP KEPUASAN KERJA, MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI PT. FAJAR SURYA WISESA


TUGAS REVIEW JURNAL PSIKOLOGI MANAJEMEN

Jenis Penelitian                : Jenis penelitian ini menggunakan pendeketan metode kuantitatif
Nama Penulis                 : Francisca Hermawan
Judul Jurnal                      : Pengaruh Job Enrichment Terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi dan Komitmen Organisasi PT. Fajar Surya Wisesa
Ukuran Jurnal                : Vol. 16, No. 2
Tahun                                      : Agustus 2012



1.     Latar Belakang

Sumber daya manusia merupakan faktor yang terpenting dalam suatu perusahaan, maka sudah semestinya SDM menjadi perhatian bagi perusahaan agar dikelola dengan sebaik mungkin sehingga dapat meningkatkan kebutuhan perusahaan agar lebih responsif, fleksibel, kompetitif dan inovatif. Salah satu caranya adalah mendorong karyawan agar tidak membatasi diri pada apa yang tertulis di deskripsi mereka yaitu dengan melakukan job enrichment.

Job enrichment merupakan peningkatan tanggung jawab dan kontrol karyawan atas pekerjaannya sehingga dapat memotivasi karyawan tersebut. Seperti kita ketahui bahwa setiap karyawan yang bekerja ditentukan oleh atasan mereka, dan pekerjaannya dirancang sedemikian rupa agar memuaskan dan memberi manfaat bagi semua pihak. Job enrichment mampu membuat pekerja menjadi termotivasi agar berhasil mencapai kepuasan kerja dengan kemampuan mereka sendiri.

PT. Fajar Wisesa merupakan perusahaan kertas kemasan yang berdiri pada tanggal 13Juni 1987. Perusahaan ini menghasilkan kertas industri seperti sack kraft, containerboard (liner dan corrugating medium) dan boxboard yang digunakan untuk kemasan produk-produk konsumen dan barang-barang industri.

PT. Fajar Wisesa memiliki karyawan dengan tingkat kepuasan kerja, motivasi dan komitmen organisasi yang tinggi. Akan tetapi, peneliti ngin mengetahui apakah tingginya tingkat kepuasan kerja, motivasi dan komitmen organisasi tersebut dipengaruhi oleh job enrichment atau tidak. Semakin puas, termotivasi dan berkomitmen seorang karyawan maka kinerja akan lebih efisien dan efektif terkait dengan perusahaan melakukan job enrichment dimana karyawan dapat meningkatkan kebebasan, peran dan tanggung jawab dalam pekerjaan mereka.



2.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini yakni peneliti ingin menganalisis pengaruh job enrichment terhadap kepuasan kerja; motivasi; komitmen organisasi di PT. Fajar Surya Wisesa

3.     Model & Hipotesis Penelitian
Berdasarkan pada kerangka teori dan hasil penelitian sebelumnya, model yang diajukan peneliti adalah sebagai berikut :
Description: C:\Users\NEW HP\Documents\softskill\paint.png

Sumber : Reza dan Nawas “Impact of Job Enrichment on Employees Job Satistaction, Motivation and Organizational Commitment” europian journal of social sciences-2011.

Sedangkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah :
H1     : Job enrichment berpengaruh terhadap kepuasan kerja
H2     : Job enrichment berpengaruh terhadap motivasi
H3     : Job enrichment berpengaruh terhadap komitmen organisasi
H4     : Job enrichment berpengaruh terhadap kepuasan kerja, motivasi dan komitmen organisasi.

4.     Metode Penelitian
Data yang digunakan dalam analisis penelitian ini berupa persepsi responden dengan menyebarkan 65 kuesioner pada karyawan PT. Fajar Surya Wisesa. Perhitungan jumlah responden ditentukan menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling dimana peneliti memiliki kebebasan untuk memilih siapa saja yang mudah temui dalam perusahaan.




5.     Hasil Penelitian
Besarnya Overall Mean Score job enrichment dapat dilihata bahwa job enrichment pada karyawan PT. Fajar Surya Wisesa memiliki kategori netral karena berada di nilai mean score 3.40 terutama pada dimensi otonomi. Hal ini mungkin disebabkan PT. Fajar Surya Wisesa masih memberi sedikit kesempatan R untu karyawan dalam berfikir dan bertindak secara mandiri.

Kepuasan kerja pada karyawan PT. Fajar Surya Wisesa memiliki tingkatan yang puas dengan mean score 3.41 hal ini mungkin disebabkan manajemen perusahaan meperlakukan karyawan dengan jujur sehingga karyawan menjadi puas. Motivasi pada karyawan PT. Fajar Surya Wisesa memiliki tingkatan yang tinggi dengan mean score 3,42 terlihat dari pekerjaan menarik minat karyawan sehingga karyawan menjadi termotivasi.

Komitmen organisasi pada karyawan PT. Fajar Surya Wisesa memiliki tingkatan yang tinggi dengan mean score 3,41 hal ini dapat disimpulkan bahwa karyawan menganggap permasalahan perusahaan adalah permasalahan mereka sendiri sehingga menjadi komitmen

Prosentasi pengaruh variable independen terhadap variable dependen antara job enrichment dengan kepuasan kerja (R2=81,3%) ; job enrichment dengan motivasi (R2=83,9%) ; job enrichment dengan komitmen organisasi (R2=85%) ada pengaruh signifikan.

Berdasakan hasil analisis regresi pada jurnal tersebut diperoleh bukti bahwa nilai t untuk pengaruh job enrichment terhadap kepuasan kerja adalah sebesar 16,556 pada signikansi 0,00 (<0,05) berarti ada pengaruh yang signifikan, sedangkan nilai t untuk pengaruh job enrichment terhadap motivasi sebesar 18,102 pada signifikan 0,000 (<0,5) berarti ada pengaruh yang signifikan dan nilai t untuk pengaruh job enrichment terhadap komitmen organisasi adalah sebesar 18,882 pada signifikan 0,000 (<0,005) berarti ada pengaruh yang signifikan.

Hasil uji Manova menunjukan ada perbedaan secara simultan antara variable dependen (Kepuasan Kerja; Motivasi Kerja; Komitmen Organisasi) terhadap variable independen (job enrichment)

6.     Kesimpulan
Hasil penelitian penulis sedikit berbeda dengan jurnal hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Reza dan Nawaz dengan topik “Impact of Job Enrichment on Employees, Job Satisfaction, Motivation and Organizational Commitment” di Pakistan yang mengemukakan bahwa job enrichment mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja, motivasi dan komitmen organisasi sedangkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu untuk penelitian ini job enrichment memiliki tingkatan cukup sedangkan kepuasan kerja, motivasi dan komitmen organisasi memiliki tingkatan puas dan tinggi.

Sedangkan kualitas hubungan job enrichment dengan kepuasan kerja, kualitas hubungan job enrichment dengan motivasi dan kualitas hubungan job enrichment dengan komitmen organisasi, masing-masing memiliki kolerasi yang positif dan uat artinya jika variable dependent meningkat maka mempengaruhi peningkatan variable independent.

7.     Saran
PT. Fajar Surya Wisesa sebaiknya lebih meningkatkan job enrichment agar kepuasan kerja, motivasi dan komitmen terhadap perusahaan meningkat, sehingga karyawan semakin memiliki kepuasan kerja yang tinggi terhadap pekerjaannya, motivasi kerja tinggi, ketidakhadiran dan turnover yang rendah serta kinerja pekerjaan yang berkualitas. Disamping itu manajemen perusahaan perlu mengatur pekerjaan  karyawan seefektif mungkin sehingga karyawan dapat menyelesaikan aktivitasnya dengan akurat dan tepat waktu. Manajemen perusahaan perlu membebaskan karyawan dalam bertanggung jawab dan memberi umpan balik atas kinerjanya.





DAFTAR PUSTAKA

Allen, N. J., & Mayer, J.P. (1997). Communication In Workplace : Theory, Research, And Aplication (California : SAGE Publication).
Ghozaly, Imam., (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPPS (3th ed.). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Greenberg, J & Baron, R.A. (2008). Behavior in Organizations (9th ed.). New Jersey, Parason Prentice Hall
Hasibuan, Melayu S.P (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi revisi, Jakarta Bumi Aksara
Ivanchevich, J.M. (2007). Human Resource Management (10th ed). New York : McGraw Hill
Mas’ud, F. (2004). Survei Diagnosis Organisasional. Semarang : BPFE UNDIP
Mathis Robert L & Jackson John H (2002) Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta, Salemba Empat
Nawawi, Hadari (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia yang kompetetif untuk Bisnis, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.
Raza, M.A & Nawaz, M.M. (2011). Impact of Job Enrichment on Employees’s Job Satification, Motivation and Organizational Commitment : Evidence From Public Sector of Pakistan. European Journal of Social Sciences, vol. 23.
Robbins, Stephen.P & Judge, Timothy.A. (2009). Organizational Behavior (13th ed). New York : McGraw Hill.
Sekaran, U. (2006). Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Steers, R.M (2008) Efektivitas Organisasi. Jakarta: Airlangga
Suprihanto (2000), Penelitian Kinerja & Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : BPFE
Uyanto, S, S. (2006). Pedoman Analisis Data Dengan SPPS (3th ed.)
Yamane, Taro (2003), Elementary Sampling Theory, Engliwod cliffs pretice Hall



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Gina Permatasari - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -