- Back to Home »
- Kesehatan Mental# Minggu Ke-14
Posted by : Unknown
Minggu, 17 Mei 2015
Nama :
Gina Permatasari
Kelas :
2PA06
NPM :
13513737
Self-Directed Changes
Konsep & penerapan self directed changes
Mahasiswa
mengetahui dan termotivasi untuk melakukan perubahan pribadi dengan melalui
tahapan:
1. Meningkatkan
kontrol diri: mendasarkan diri pada kesadaran bahwa pada setiap manusia
memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya sesuai dengan kondisi yang
dimiliki setiap manusia. Itu dapat terjadi sebagai akibat perubahan dalam
struktur kognitif yang dihasilkan oleh perubahan struktur kognitif itu sendiri
atau perubahan kebutuhan juga adanya motivasi internal serta belajar yang
efektif.
2. Menetapkan tujuan:
dimaksudkan untuk menjaga individu agar tetap tertuju pada proses pembelajaran,
dalam arti dapat mengetahui dan mampu secara mandiri menetapkan mengenai apa
yang ingin dipelajari dalam mencapai kesehatan mental, serta tahu akan kemana
tujuan hidupnya, cakap dalam mengambil keputusan dan mampu berpartisipasi di
masyarakat dan akan mampu mengarahkan dirinya.
3. Pencatatan
perilaku: menguatkan perilaku ulang kalau individu merasa bisa mengambil
manfaat dari perilaku yang pernah dilakukan sebelumnya, kemungkinan lain yang
bisa menjadikan seseorang mengulang perilaku sebelumnya karena merasa senang
dengan apa yang pernah dilakukan.
4. Menyaring anteseden
perilaku: bisa membagi perilaku sasaran ke dalam perubahan, serta membantu
individu agar lebih siap dalam mempelajari perilaku tersebut. Pemahaman akan
anteseden perilaku membantu individu agar dapat dengan tepat memilih
nilai-nilai dan merencanakan strategi.
5. Menyusun
konsekuensi yang efektif: pemahaman dalam arti sehat mental dapat menentukan
perubahan pada individu dalam melakukan mobilitas untuk melakukan segala
sesuatu aktifitas –aktifitas yang dilakukan oleh manusia, dalam menanggapi
stimulus lingkungan, yang meliputi aktivitas motoris, emosional,dan kognitif
dalam mencapai kematangan mental.
6. Menerapkan
perencana intervensi: membawa perubahan, tentunya pada perubahan yang lebih
baik. Dalam arti pemahaman nilai-nilai, karakter / watak, dan cara cara
berperilaku secara individual. Dalam arti kita harus lebih memahami cara
berperilaku pada kegiatan proses pembentukan watak dan pembelajaran secara
terencana.
7. Evaluasi: faktor
yang penting untuk mencapai kematangan pribadi, sedangkan salah satu faktor
penting untuk mengetahui keefektivan adalah evaluasi baik terhadap proses
maupun hasil pembelajaran.
Sumber :
Munandar,Ashar Sunyoto. (2008). Psikologi
Industri dan Organisasi. Jakarta : Penerbit Universitas UI