BLOG DALAM PERBAIKAN
Posted by : Unknown Sabtu, 18 Oktober 2014

Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Berbudaya

            Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu.
            Budaya atau kebudayaan dalam Bahasa Belanda di istilahkan dengan kata culturur. Dalam bahasa Inggris culture. Sedangkan dalam bahasa Latin dari kata colera. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
Manusia sebagai Makhluk Berbudaya berarti manusia adalah makhluk yang memiliki kelebihan dari makhluk – makhluk lain yang diciptakan di muka bumi ini yaitu manusia memiliki akal yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan ide dan gagasan yang selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu manusia harus menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemimpinannya di muka bumi disamping tanggung jawab dan etika moral harus dimiliki, menciptakan nilai kebaikan, kebenaran, keadilan dan tanggung jawab agar bermakna bagi kemanusiaan. Selain itu manusia juga harus mendayagunakan akal budi untuk menciptakan kebahagiaan bagi semua makhluk Tuhan di muka bumi ini.
Perilaku manusia berbudaya adalah perilaku yang dijalankan sesuai dengan moral, norma-norma yang berlaku dimasyarakat, sesuai dengan perintah di setiap agama yang diyakini, Dan sesuai dengan hukum Negara yang berlaku. Dalam berperilaku, manusia yang berbudaya tidak menjalankan sikap-sikap atau tindakan yang menyinpang dari peraturan-peraturan baik berupa norma- norma yang ada di masyarakat maupun hokum yang berlaku.
Oleh karena itu sifat manusia yang berbudaya itu yang harus dimiliki setiap manusia khususnya bangsa Indonesia yang dikenali sebagai Negara yang besar dengan banyaknya budaya yang dimiliki. Jadilah manusia yang memiliki budaya yang tinggi yang menjadikan manusia tersebut sebagai manusia yang berbudaya dan tentu manusia yang berbudaya itu pasti juga manusia yang berpendidikan, akan tetapi sebaliknya manusia yang berpendidikan itu belum tentu dia manusia yang berbudaya. Banyak contoh di negara ini manusia yang pintar atau berpendidikan yang melakukan banyak tindak kejahatan atau menyimpang contohnya seperti korupsi. Itu semua terjadi karena mereka tidak menjadi manusia yang berbudaya Dan akibatnya mereka tidak memiliki moral, kejujuran, Dan rasa tanggung jawab. 
Karena itu jadilah manusia yang berbudaya. Dengan menjadi manusia yang berbudaya maka masyarakat akan memiliki sikap yang berakal budi, bermoral, sopan dan santun dalam menjalani kehidupan diri sendiri ataupun berbangsa dan bernegara. Sikap Dan sifat manusia yang berbudaya itu juga yang akan menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang besar yang memiliki jati diri sendiri sebagai bangsa yang beradab dan bermartabat.
Manusia berbudaya yang seutuhnya adalah makhluk yang selalu aktual, yang terus-menerus belajar dan menempuh pendidikan untuk mengembangkan kepribadiannya, mengembangkan konsep tujuan hidupnya, melakukan pembaharuan sesuai kemajuan zaman, meningkatkan keterampilan dan daya nalar, semakin jelas arah hidupnya untuk apa dan mau kemana.
Berdasarkan materi yang telah disampaikan sebelumnya manusia Sebagai Makhluk Berbudaya adalah Manusia yang diciptakan untuk menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai makhluk Tuhan. Manusia harus menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemimpinannya di muka bumi disamping tanggung jawab dan etika moral harus dimiliki, menciptakan nilai kebaikan, kebenaran, keadilan dan tanggung jawab agar bermakna bagi kemanusiaan dan lingkungan sekitarnya.

Selain mampunyai sebagaimanaa makhluk hidup lainnya, manusia juga mempunyai akal yang dapat memperhitungkan tindakannya melalui proses belajar yang terus-menerus. Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok atau seorang individu.
Kualitas manusia pada suatu negara akan menentukan kualitas kebudayaan dari suatu negara tersebut, begitu pula pendidikan yang tinggi akan menghasilkan kebudayaan yang tinggi. Karena kebudayaan adalah hasil dari pendidikan suatu bangsa.


Daftar Pustaka :
LINK WEBSITE UNIVERSITAS GUNADARMA
MANUSIA DAN CINTA KASIH
Kasih dalam Mimpi

Tersentak saat ku temukan hadirmu
Senyum indah itu ku lihat kembali
Hadirmu kian membuatku terpanah

Aku terdiam sejenak
Tuk nikmati dirimu
Telah lama ku nanti saat ini
Kini ku dapat merasakan lagi

Bahagia ku yang hilang entah kemana
Kau sapa lembut namaku
Menggenggam jemari dalam hangatnya
Dan melepas canda tawa seperti biasa

Tuhan menjawab doaku
Aku bertemu lagi dengan sosokmu
Yang ku sayang dan ku nanti
Terbuai aku melayang dalam rindu bahagia

Melepas tawa kerinduan yang membelenggu
Ku tak ingin kau pergi lagi

Namun, semua sirna 
Tatkala ku membuka mata
Yang ku lihat hanya dinding putih tak bernoda
Tanpa ada dirimu disampingku

Untuk ke sekian kalinya
Aku tersadar...
Aku kembali memimpikanmu

MANUSIA DAN KEINDAHAN
Keterangan : Keindahan taman yang terdapat disamping Gedung Perundingan Linggarjati, tempatnya yang masih alami dan udara yang sejuk menambah nilai kenyamanan.
MASA LALU

Mengapa disaat ku melewati jalan ini
Ku teringat bayangmu
Kenangan yang indah disaat kita masih bersama
Seakan hidup lagi

Ku tak bisa menahan sakit yang sangat mendalam dihatiku
Seandainya kau selalu ada disisiku
Mungkin aku tidak akan sesakit ini

Malam ini langit begitu hampa dan hening
Tanpa hadirnya sang rembulan dan juga bintang
Mereka seperti enggan untuk menampakkan diri
Membuat hatiku semakin merasa sepi

Derasnya hujan yang turun 
Menambah kepedihan hati ini
Seakan alam menangis untukku yang telah ditinggalkanmu
Akankah serua penderitaan ini akan berakhir?
Pertanyaan itu yang selalu muncul dalam pikiranku
Tetapi semuanya harus bangkit 

Aku tak bisa terus menerus menyakiti diriku sendiri
Yang selalu mengingat akan kehadiran mu
Aku harus tegar untuk menghadapi semua ini
Hanya mungkin aku tak bisa sepenuhnya melupakanmu
Tetapi aku akan berusaha untuk melakukannya

Didalam heningnya malam yang hadir dimalam-malamku
Ku terus berusaha untuk membiarkan bayanganmu hilang
Ditengah merdu nyanyian hujandan sakitnya hatiku
Ku terus berdoa agar kau bahagia dengan nya..

PENDERITAAN DI GHANA, AFRIKA

http://24.media.tumblr.com/94a6142414baad119f2c517fc16d5c7b/tumblr_miahvmdRyi1ri2jewo2_1280.jpg


Keterangan : penderitaan seorang bayi (yang sedang didatangi sukarelawan dari inggris; sebelah kiri) yang sekarat karena terjangkit malaria, penyakit yang sedang memakan banyak korban di Ghana, Afrika. Si ibu pun merasakan penderitaan nya karena tidak mampu membayar pengobatan dan hanya dapat menunggu ajal memanggil anaknya. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Gina Permatasari - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -