BLOG DALAM PERBAIKAN
Posted by : Unknown Selasa, 10 November 2015

Kelompok 7 ( Anggur )
Anatasya Gabrilea ( 10513830 )
Gina Permatasari ( 13513737 )
Sinta Parwati ( 18513504 )
Yulsafa Tifanny ( 19513585 )
Muhamad Nurdin (15513753 )
Aulia syarafina (17511941)

Mata Kuliah: Psikologi Manajemen
Kelas: 3PA06

REVIEW FILM EVEREST
BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Film merupakan karya seni berupa rangkaian gambar hidup yang diputar sehingga menghasilkan sebuah ilusi gambar bergerak yang disajikan sebagai bentuk hiburan. Ilusi dari rangkaian gambar tersebut menghasilkan gerakan kontinyu berupa video. Film sering disebut juga sebagai movie atau moving picture. Film merupakan bentuk seni modern dan populer yang dibuat untuk kepentingan bisnis dan hiburan. Pembuatan film kini sudah menjadi sebuah industri populer di seluruh dunia, dimana film film layar lebar selalu dinantikan kehadirannya di bioskop bioskop.
Film everest merupakan film yang diangkat dari buku Into Thin Air yang ditulis oleh jurnalis Jon Krakauer, film ini juga Kisah yang nyata tahun 1996, dimana saat itu Everest menjadi saksi tewasnya 8 pendaki di pegunungan Himalaya, Nepal.

1.2 Rumusan masalah
1. Siapa saja tokoh yang berperan dalam film everest?
2. Bagaimana perjuangan rob dan kawan-kawan untuk mencapai puncak gunung?
3. Bagaimana tanggung jawab rob kepada kawan-kawan untuk mencapai puncak gunung?
4. Teori apa saja yang termasuk dalam film everest?
1.3 Tujuan
Dapat memahami dan mempelajari tentang perjuangan seseorang untuk mencapai puncak gunung, kerjasama dan kesetiakawanan dalam melewati rintangan dan kesetiaan istri terhadap suami.


BAB II
PEMBAHASAN

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata pada 10 Mei 1996. Kisah ini adalah salah satu tragedi terbesar dalam sejarah pendakian puncak Everest. Kisah yang menelan 12 pendaki tewas diterjang badai salju.
Film Everest juga seperti berniat membuat rekonstruksi ulang sekaligus pemeriksaan terhadap penyebab tragedi 1996 yang menjadi poin utama film ini. Cuaca ekstrem, kondisi beberapa peserta, dan membludaknya jumlah pendaki yang berimbas pada manajemen jalur pendakian dan perlengkapannya, ditekankan sebagai penyebab utama dari tewasnya sejumlah pendaki saat itu. Puncak Everest di Pegunungan Himalaya mempunyai pesona yang sangat mengagumkan sehingga banyak pendaki amatir hingga profesional mempertaruhkan jiwa dan raga bahkan nyawa untuk bisa berada di puncak tertinggi di 8.848 meter di atas permukaan laut.
Rob Hall (Jason Clarke) adalah seorang pendaki profesional yang menjadi pemandu ekspedisi puncak Everest dibawah naungan Adventure Consultans. Ia membuka peluang bagi siapa saja yang ingin mendaki puncak tertinggi di dunia.
Bersama tim yang telah mengenal Everest, Mike Groom (Thomas M. Wright), Ang Dorjee (Ang Phula Sherpa), dan Andy "Harold" Harris (Martin Henderson), Rob membawa klien menuju puncak tertinggi.
Kliennya pun dari berbagai macam profesi mereka adalah Beck Weathers (Josh Brolin), Doug Hansen (John Hawkes), Lou Kasischke (Mark Derwin), Frank Fischbeck (Todd Boyce), Jon Krakauer (Michael Kelly), Yasuko Namba (Naoko Mori), John Taske (Tim Dantay), dan Stuart Hutchison (Demetri Goritsas).
Semua persiapan telah dirampungkan. Cuaca yang cerah dan persiapan yang matang mereka yakin akan berada di puncak tertinggi pada 10 Mei 1996. Pendakian pun dilakukan, halangan dan rintangan bisa dilewati dengan kerjasama dan kesetiakawanan yang erat.
Pendakian dimulai dari Katmandu dan disini kita bisa melihat sekilas dan kebudayaan dan kehidupan masyarakat Nepal. Sebelum mendaki, para pendaki harus di-aklimatisasi terlebih dahulu selama beberapa minggu agar bisa beradaptasi dengan cuaca ekstrim di ketinggian 8.000+ meter di atas permukaan laut, yang bisa menyebabkan hipotermia dan kerusakan organ parah.
Adventure Consultant bukanlah satu-satunya guide komersil disana. Ada banyak guide lain yang ikut tahun ini yang mengakibatkan pendakian kali ini menjadi pendakian teramai. Dua grup yang paling mencolok dipimpin oleh Scott Fischer (Jake Gyllenhaal) dari Amerika dan Anatoli Boukreev (Ingvar Sigordson) dari Rusia yang punya hubungan yang tak terlalu baik dengan Rob.
Rob sadar udara yang cerah, membuat seluruh pendaki dari mancanegara ingin berada di atas pada 10 Mei. Hal ini membuatnya bekerjasama dengan rombongan Scott Fiscer (Jake Gyllenhaal) dari tim Mountain Madness. Dua leader pendaki ini bekerjasama untuk membawa rombongannya naik ke puncak dengan cara dan pola yang berbeda. Untuk melewati maut, leader yang terkenal di Everest ini keduanya saling bergotong royong dan saling percaya.
Rob berhasil membawa rombongannya ke atas puncak kecuali Beck Weathers yang tertinggal karena masalah penglihatan. Berbeda dengan Rob, Scott tidak mampu melewati halangan di berbagi jalur yang ada. Beberapa rombongan ada yang sampai ke puncak namun Scott sendiri terjebak di jalur sempit.
Petualangan berubah menjadi tragedi. Bukan hanya karena perubahan cuaca namun juga dikarenakan human error seperti kurangnya tabung oksigen atau tali pengaman yang putus, yang tidak begitu dijelaskan.
Rob dan Doug harus melewati jalur yang sulit. Kesulitan semakin menjadi jadi saat fisik mereka melemah sedangkan badai mulai datang. Oksigen yang menipis membuat konsentrasi mereka memudar. Berbagai penyakit dalam cuaca dingin pun mereka rasakan. Saat menapaki jalur setapak, Doug tiba-tiba menghilang. Perjuangan Rob mengantarkan Doug tidak terbayar, karena sahabatnya lebih memilih menjatuhkan diri untuk meringankan beban Rob menuju basecamp.
Rob sendirian. Basecamp selaku pusat komando mencari keberadaan sang pemimpin. Adventure Consultans tak ingin sang pemimpin meninggal di atas puncak. Adventure Consultans menghubungi istri Rob. Di momen ini, Rob memberi nama anak perempuannya Sarah lewat sambungan radio.
Everest lebih banyak menunjukan tentang drama ketimbang action. Perbincangan Rob dengan basecamp selaku pusat komando dan sang istri lebih kuat ketimbang aksi mereka ketika mendaki atau turun.
Analisis film sesuai teori menurut kelompok:
Menurut kelompok kami, sikap Rob sebagai leader berhubungan dengan beberapa teori kepemimpinan, yaitu:
·      Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch & Behling).
·      Kepemimpinan adalah kegiatan dalam mempengaruhi orang lain untuk bekerja keras dengan penuh kemauan untuk tujuan kelompok (George P. Terry).
·      Kepemimpinan adalah Kegiatan mempengaruhi orang lain agar ikut serta dalam mencapai tujuan umum (H. Koontz dan C. Donnell).
·      Kepemimpinan adalah suatu kegiatan mempengaruhi orang lain untuk bekerja sama guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan (Ordway Tead).
·      Kepemimpinan dapat di definisikan sebagai suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi (Sarros dan Butchatsky, 1996).
·      Kepemimipinan adalah proses mempengaruhi orang lain agar mampu memahami serta menyetujui apa yang harus dilakukan sekaligus bagaimana melakuannya, termasuk pula proses memfasilitasi upaya individu atau kelompok dalam memenuhi tujuan bersama (Yukl)
·      Kepemimpinan adalah aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu (Miftah, 1997).

Sikap Rob di film ini sebagai pemimpin menurut kelompok kami sudah cukup baik. Rob bertanggung jawab atas keselamatan anggotanya dan bertanggung jawab atas tujuan yang ingin dicapai. Rob mampu menjadi sosok leader yang mengayomi dan tak pantang menyerah. Sementara itu sosok Scott Fischer memang punya andil dalam pendakian ini


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dalam film ini kita bisa melihat keindahan Nepal, pegunungan Himalaya dan puncak Everest tersaji dengan sangat indah. Everest diajarkan bagaimana menaik gunung secara profesional. Bukan hanya naik sekedar sampai puncak. Persiapan yang matang dan outfit yang sesuai. Film everest ini juga mengajarkan kita bagaimana cara seseorang untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan tidak mudah banyak rintangan. Film ini juga mengajarkan kita tentang sikap bertanggung jawab seorang pemimpin kepada anggotanya.


DAFTAR PUSTAKA
Sutikno, S. M. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan. Lombok : Holistica
Ali, E. M. (2013). Kepemimpinan Integratif Dalam Konteks Good Governance. Jakarta : PT. Multicerdas Publishing

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Gina Permatasari - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -